Berterima Kasih

Terima kasih. Ungkapan sederhana yang mudah diucapkan. Sekalipun demikian, saya mengurungkan niat saya untuk mengungkapkannya pada beberapa kawan lama, sesaat setelah postingan saya di hari ulang tahun almarhum adik.

Saat itu saya teringat teman-teman di Jogja yang begitu setia mendampingi dan mengurus segala sesuatunya saat berita duka itu saya dengar dari rumah. Mereka menyediakan bahunya untuk saya menangis. Dalam kondisi saya yang kalut, tanpa diminta, mereka menyebar menghubungi agen-agen perjalanan, mencari tiket bus, kereta api, travel hingga pesawat. Mereka mengusahakan saya tiba di rumah secepatnya. Tak banyak bertanya menuntut cerita, mereka ada, dan itulah yang terpenting.

Saya lupa pernahkah saya berterimakasih pada mereka atas hal sederhana tapi selalu membekas yang mereka lakukan, hingga saya ingin melakukannya beberapa hari lalu, namun tertahan rasa malu karena takut dianggap melow dan galaw, haha. Ya, saya pun menahan diri tak mengucapkannya.

Hari ini, seorang teman di Tangerang, mantan rekan kerja, berterimakasih pada saya entah untuk apa. Dia akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya dan ya sudah, itu saja.

“Ha? Kenapa makasih? Apa yang kulakukan?”

“Ga ada, kamu ga melakukan apa-apa,” jawabnya.

(mungkin) kita melakukan sesuatu yang tak kita sadari berpengaruh terhadap hidup orang lain dan itu cukup membuatnya berterimakasih walau tanpa alasan yang bisa dimengerti. Lalu saya malu sekali lagi, karena telah menahan diri hanya untuk mengucapkan terimakasih padahal alasannya sangat jelas…

Muh. Baskoro Aliandi dan geng Indonesia Kompak, Isaam Khalid, Dany ‘Chun Lee’ Kosasih, dkk. Terima kasih telah menjadi kalian. Terima kasih. :’)

Tagged ,

Leave a Reply

