Manusia Mekanis

Setelah mengetahui keputusan saya untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat dulu saya pernah belajar, beberapa rekan membuka percakapan tentang pekerjaan, perasaan dan kehidupan mereka.

“Kamu tahu? Saya juga udah ga betah di sini,” tukas seorang rekan. Dia tak tahan dengan kondisi kantor dan kurang adanya kerjasama yang baik antar individu. Hal senada terungkap dari beberapa rekan lain, dan masalah utama yang terungkap bukanlah gaji ataupun loading kerja, namun hubungan sesama rekan yang kurang harmonis.

Setiap mereka yang berbagi cerita, berkonflik dengan dirinya sendiri. Mempertimbangkan segala kemungkinan dan meragukan setiap langkah. Mereka semua takut akan masa depan. Takut tempat yang baru tak lebih baik. Atau bahkan lebih buruk, dengan kondisi sosial ekonomi yang ada, ketakutan tak mendapat pekerjaan dalam waktu yang lama pun muncul. Manusiawi.

Saya yang sudah teracuni akut oleh virus nekat, menjawab enteng, “Kita ga pernah tahu sampe kita mencoba, kalaupun ternyata ketakutan itu jadi kenyataan, paling ngga kita udah nyoba.”

Semua itu bagi saya bukan tentang karir dan kemapanan, namun pemaknaan. Untuk apa pula melakukan hal yang tak lagi kita nikmati? Menjadi manusia mekanis itu mengerikan. Mengutip Paulo Coelho dalam Sungai Yang Mengalir, “Mautlah yang membuat kita berhenti melakukan hal-hal yang memerangkap dan menjadikan kita “mayat hidup”. Sebaliknya, kita didorong untuk mengambil risiko, mempertaruhkan segalanya demi segala yang kita impikan, sebab entah kita suka atau tidak, malaikat maut telah menunggu kita.”

 

Kotabaru, 2 Des 2012

Advertisements
Tagged , , , , ,

2 thoughts on “Manusia Mekanis

  1. M says:

    terjebak hujan ternyata bikin produktip jugak ya cuy.

    • Emi Atree says:

      Hahaha, daripada sirik karena semua orang lain punya temen ngobrol di kafe ini, jadi eik ngobrol deh dengan diri sendiri… :-/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: